Apa Nama Penyakit Badan Terlalu Kurus

Anda melihat seseorang yang sangat kurus? Sampai-sampai tulang belulangnya keliatan? Anda ingin tau apa yang menajadi penyebab itu semua dan Apa Nama Penyakit Badan Terlalu Kurus tersebut!! Simak arikel dibawah ini:

Apa Nama Penyakit Badan Terlalu Kurus

Apa Nama Penyakit Badan Terlalu Kurus

Apa itu anoreksia? Anoreksia merupakan sebuah gangguan yang dialalmi seseorang terkait rasa takut punya badan berlebih. Serta punya persepsi yang salah terhadap bentuk badan yang terlalu besar. Penderita anoreksia ini punya obsesi yang sangat aneh yaitu terobsesi punya badan kurus. Sehingga mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mencapai bentuk badan yang menurut mereka ideal.

Termasuk menahan diri untuk makan, mengurangi porsi makan, atau bahkan mengonsumsi obat pencahar dan penahan nafsu makan. Dan yang lebih parahnya lagi, mereka akan terus melakukan hal tersebut meski berat badannya sudah turun drastis. Itu semua mereka lakukan karena takut berat badannya bertambah.

Lalu Apa Yang Membuat Seseorang Menderita penyakit Tersebut?

Memang benar, Para ahli menyimpulkan penyakit anoreksia ini berkaitan dengan beberapa penyebab. Seperti faktor psikologis, biologis serta lingkungan. Anda lihat dengan seksama pengertian dan kondisi secara umum penderita anoreksia diatas, masalahnya tersebut lebih ke gangguan mental. Para ahli menyimpulkan penyakit anoreksia ini berkaitan dengan beberapa penyebab. Contohnya psikologi, biologis serta lingkungan. penyelasannya dibawah ini:

Psikologis

Kebanyakan penderita anoreksia punya rasa cemas yang sangat tinggi sehingga membuat mereka melakukan diet ketat, dan mereka juga beranggapan bahwa dengan badan kurus bisa tampil lebih sempurna.

Faktor Lingkungan

Memang sangat penting peran lingkungan dalam kehidupan kita, sehingga membentuk pola pikir kita. Termasuk penderita anoreksia, mereka sering mendapatkan dorongan dari lingkungan untuk memiliki badan kurus.

Biologis

Sejauh ini memang belum diketahui secara pasti jenis apa yang mengakibatkan anoreksia tetapi para ahli sepakat bahwa kondisi tersebut dipicu oleh perubahan.

Selain sering dikiatkan dengan 3 faktor yang diatas, anoreksia juga bisa disebabkan oleh program diet ketat seseorang saking sering nya mereka melakukan diet ketat, sampai merasa bahwa badan yang telah mengalami penurunan masih kurang. Badan yang mengalami anoreksia kebanyakan wanita. Dibanding dengan pria, wanita memang sering merasa cemas, galau serta mudah terpengaruh. Maka dari itu jenis kelamin, penderitanya pun kebanyakan remaja dan jarang ditemukan mereka yang usianya 40 tahun.

Penderita anoreksia juga dapat mengalami gangguan fisik dan psikologis, seperti dibawah ini:

  • Dehidrasi
  • Depresi
  • Rambut yang tipis dan mudah rontok
  • Irama jantung yang tak beraturan

Sebenarnya memiliki badan kurus pun memiliki potensi terkena gangguan kesehatan. Tetapi kalau terlalu kurus juga tidak baik, ada beberapa penyakit yang rentan menyerang orang dengan karakter seperti ini. Ini akan menyebabkan daya tahan badanya lemah dan rentan terkena berbagai macam penyakit. Inilah penyakit-penyakit yang bisa menyerang orang kurus sebagai berikut:

1. Kolestrol

Orang yang berbadan kurus cenderung melahap makanan apa saja memerhatikan kandungannya karena berfikir dia tidak akan jadi gemuk, Sehingga kebanyakan pengidap kolestrol tinggi adalah orang berbadan kurus.

2. Gangguan Hati

Kebanyakan di luar sana orang berbadan kurus memiliki indeks massa badan (BMI) yang rendah, yang artinya berat badan dengan tinggi badan tidak sesuai. Hal ini akan menyebabkan badan memecah organ hati agar pasokan energi bisa tetap ada ketika asupan kalori tidak mencukupi. Akibatnya, kamu rentan gangguan hati.

3. Penyakit Jantung

Banyak yang mengira bahwa hanya orang-orang yang berbadan gemuk yang lebih berisiko terkena penyakit jantung. Penyakit ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang sembarangan, dan kurang berolahraga. Jadi orang berbadan kurus yang merokok sering mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak, dan jarang olahraga pun juga berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, metabolisme tinggi yang dimiliki orang kurus pun bisa membuat lemak berkumpul di tempat yang salah, seperti jantung atau hati.

4. Diabetes

Bahwa orang kurus enggak mungkin terkena diabetes itu salah besar. Buktinya jika kadar hormon insulin tidak dijaga keseimbangannya, maka seseorang tetap berisiko terkena diabetes walaupun badanya kurus. Rata-rata yang pengidap diabetes di asia adalah orang-orang berbadan kurus atau dengan berat badan normal. Jumlah kadar insulin yang terlalu sedikit menyebabkan seluruh gula dalam darah jadi tidak bisa diolah dengan baik, sehingga menyebabkan gula darah menjadi tinggi.

Cara mendapatkan nutrisi yang baik

Menjaga erat badan sehat dan mendapatkan nutrisi baik untuk badan cukup penting. Beberapa cara praktis melalui hari ketika keinginan makan anda kurang dianataranya:

  • Bawa cemilan favorit kemanapun anda pergi.
  • Makan di tempat yang menyenangkan yang membuat anda nyaman.
  • Minum cairan ketika makan jadi anda tidak merasa kenyang saat makan.
  • Makan makanan yang lembut seperti kentang tumbuk atau jus, jika anda kehilangan nafsu makan karena sakit.
  • Catat waktu selama satu hari ketika anda merasa sangat lapar.

Penyebab Lain Yang Membuat Seseorang Kurus Terus

  • Masalah pada kesehatan mulut serta gigi
  • Mengalami penyakit jantung, ginjal, dan hati
  • Mengonsumsi obat-obatan yang menekan nafsu makan
  • Gangguan pada sistem pencernaan, seperti penyakit tukak lambung, celiac, peradangan pada bagian usus.
  • Mengalami infeksi virus, bakteri, atau parasit, yaitu HIV dan AIDS, tuberkulosis (TBC), dan diare.

Faktor Lainnya Yang Menyebabkan Seorang Menderita Anoreksia

Banyak lagi faktor yang bisa menyebabkan seorang menderita anoreksia, Selain yang disebutkan tadi diatas. Faktor penyebab tersebut diantaranya:

  • Ketidakseimbangan kimia otak yang mengatur rasa lapar.
  • Terlalu banyak diet.
  • Anggapan dan tekanan di masyarakat bahwa bentuk badan yang langsing adalah sempurna.
  • Riwayat anoreksia dalam keluarga
  • Trauma akibat ejekan terhadap bentuk badan dan berat badan yang berlebih.
  • Lahir secara prematur

Itu beberapa penyebab lain untuk bisa membuat seseorang menderita anoreksia. Bagi anda yang sering melakukan diet, lebih baik kurangi atau bahkan hentikan kegiatan anda tersebut.

Seorang yang menderita anoreksia, sebelum badanya menjdadi kurus sering kering dapat dilihat dari beberapa umum yang biasa dialami penderita lain.

Salah satunya anggapan terlalu banyak makan atau makan dengan porsi ia makan sangat sedikit sekali. Selain penderita sering menyendiri termasuk ketika makan juga. Anda merasa tidak nyama.

Semogaa Bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini ke social media lainnya dan baca juga artikel kesehatan lainnya. Terimakasih..

Apa Nama Penyakit Badan Terlalu Kurus

esotericrabbit.com

nama penyakit terlalu kurus

badan semakin kurus penyakit apa

penyebab badan kurus walaupun makan banyak

penyebab badan kurus susah gemuk

penyebab badan kurus dan lemas

penyebab badan kurus menurut islam

berat badan tetap tapi badan kurus

makan banyak tetap kurus waspadai penyakit ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Order Via Whatsapp